MGJ7MaV9LGt9NGJ5NGt8NGFdMCMkyCYhADAsx6J=
iklan banner
MASIGNCLEANSIMPLE103

Analisa Situs Berita Menggunakan Konsep IMK


                Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) secara sederhana adalah studi tentang manusia, teknologi komputer dan cara bagaimana manusia dan komputer saling berinteraksi.
                Interaksi Manusia dan komputer mempunyai beberap faktor penting seperti user interface, usability, dan user experience
  1.  User Interface
    Merupakan desain antarmuka yang fokus kepada keindahan dasi sebuah tampilan, dan  pemilihan warna yang baik.
  2. Usability
    Merupakan desain antarmuka bagaimana sberapa mudah bagi pengguna memahami saat pertama kali melihat.
  3. User Experience
    Proses peningkatan kepuasan pengguna sistem aplikasi melalui kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk.
         
Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit mengulas AnalisaSitus Berita dengan Konsep IMK.


Tribunnews





·         Pada Tribunnews, sudah cukup baik dalam hal pemilihan desain antarmuka dan sudah cukup mudah dimengerti untuk usia berapapun.
·         Untuk pemilihan desain user experience kurang maksimal, karena terdapan beberap tombol yang kurang bermanfaat bagi pembaca dan akan lebih bermanfaat jika diganti dengan tombol yang sekiranya lebih penting.
·         Terdapat banyak kolom iklan, tidak dapat dipungkiri jika pemasangan iklan pada sebuah website memang sangat menguntungkan pada era sekarang, akan tetapi hal tersebut akan berdampak buruk jika memasang iklan secara berlebihan dan akan mengganggu daripada pengguna saat membaca inti dari isi postingan.

 Kompas



·         Pemilihan tema warna yang bagus dengan latarbelakang warna hitam dan warna font putih, hal ini kan memanjakan mata pembaca karena pelihan warna gelap akan membuat mata tidak cepat lelah.
·         Penempatan menu yang bagus dengan membuat menu melayang saat pembaca sudah membaca sampai tengah atapun bawah halaman, hal ini kan memudahkan pembaca dalam memilih tema berita yang lain dengan akses yang cepat.
·         Penempatan iklan yang kurang sesuai dengan meletakkan iklan pada posisi melayang, hal ini akan sangat mengganggu pembaca untuk fokus kepada isi konten berita.

 Detik



·         Perpaduan antarmuka yang tidak sesuai, dimana pada halaman utama masih menggunakan gaya lama dan pada menu samping sudah menggunakan gaya terkini yang lebih enak dan mudah dipafahami dengan penambahan icon yang memudahkan pembaca dalam milih menu
·         Penempatan iklan yang kurang sesuai dan berlebihan,dimana iklan berada pada posisi melayang, hal ini akan sangat mepengaruhi konsentrasi pembaca untuk membaca dengan fokus inti dari isi konten
·         Penamaan menu yang kurang maksimal, meski dengan menyisipkan imbuhan “detik” pada setipa nama menu, hal ini akan mempersulit pembaca dalam pemilihan menu, menyita waktu, dan membuat pembaca malas atau enggan untuk melanjutkan membaca berita lain.

 Liputan 6



·         Pemilihan tema warna yang bagus, dengan memilih perpaduan warna yang jelas yaitu latar belakang orange dan warna text putih, meski hal tersebut akan membuat mata cepat lelah akan tetapi penempatan tema warna pada liputan 6 digunakan secara tidak berlebihan.
·         Penempatan iklan yang berlebihan, hal ini akan membuat pembaca enggan untuk berlama-lama pada website tersebut dikarenakan iklan yang terlalu berlebihan.
·         Penempatan berita terbaru yang sangat bagus, seperti berita liga sepak bola yang akan datang, hal ini akan menarik pembaca untuk melihat lebih dalam tentang berita dengan kategori tersebut.
·         User Interface yang sangat bagus dan modern mengikuti perkembangan saat ini.

  Merdeka



·         Tampilan antarmuka yang mudah dipahami, hal ini membuat pembaca yang baru saja melihat akan tertarik dengan berita yang memiliki kategori lain.
·         Penempatan iklan yang kurang baik, hal ini membuat fungsi daripada elemen elemen website kurang maksimal.
·         Kategori menu yang kurang maksimal, hal ini seharusnya dapat dimaksimalkan dengan baik oleh developer dengan memberikan kategori kategori yang sering dicari oleh pembaca.


Share This Article :
Silahkan Beri Kritik dan Saran Anda di Sini. .
Mohon Berkomentar dengan Bahasa Baik dan Mudah di Mengerti. . .

5467149841481851505