MGJ7MaV9LGt9NGJ5NGt8NGFdMCMkyCYhADAsx6J=
iklan banner
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Kerja Komputer




KOMPUTER – pada kesempatan ini saya akan berbagi sedikit artikel tentang Cara Kerja Komputer, sebelum lanjut membaca artikel lebih jauh saya akan berikan sedikit sejarah tentang komputer.
Komputer adalah alat bantu komputasi yang ada sejak dahulu kala, bisa dibilang komputer ini sudah ada sejak nenek moyang kita dulu. Kok bisa ? Iya, kata komputer sebenarnya berasal dari kata komputasi seperti yang saya beberkan diatas yang berarti perhitungan matematika, dan tahukah anda alat hitung paling sederhana ? benar sekali, jari tangan manusia. Jadi sekarang anda sudah tahu mengapa saya bilang komputer sudah ada sejak dahulu kala, bahkan saat kita pertama lahir sudah dikaruniai sebuah komputer pada diri kita, hebat bukan ?

Nenek moyang komputer yaitu jari manusia kemudian mulai berkembang, mulai dari sebatang kayu dan sebagainya hingga pada tahun 1830 an seorang insinyur mekanik inggris Charles Babbage menemukan “the father of computer”.

Dan setelah itu komputer terus dan terus berkembang hingga saat ini yang kita rasakan ini.
Lalu bagaimana sebenarnya cara kerja komputer yang kita rasakan sampai saat ini ? ayo, kita simak sama-sama.
Sebelum  kita tahu bagaimana mekanisme/cara kerja komputer yang sebenarnya, kita harus tau lebih dahulu apa saja yang sebenarnya ada didalam komputer itu sendiri. Dengan mengenali apa yang ada didalam komputer maka kita akan mudah memahaminya mulai dari saat komputer dihidupkan hingga komputer siap digunakan, layaknya seperti kita suka pada seseorang kita harus tahu dulu bagaimana sifatnya, karakteristik orang tersebut, kesukaanya apa, dan lain sebagainya, baru kita eksekusi, hihihi...oke, lanjut...



Dari flowchart/gambar di atas harusnya kita sudah mengerti bagaimana cara kerja komputer secara sederhana, bahkan bukan hanya komputer, semua yang kita lakukan saat ini butuh IPO, yaitu Input Process dan Output.
Mari kita bahas bersama cara kerja IPO dalam sebuah komputer .

  • Input device adalah perangkat didalam komputer yang bekerja memberikan input atau masukan data mentah yang nantinya akan dibaca oleh processor, data tersebut bisa berupa : angka, huruf, tanda, simbol, code ASCII ( American Standart Code for Information Interchange ).
    Contoh input device : Mouse, Keyboard, Mic, Audio input atau Video input dan lain sebagainya.
  • Processing Device adalah komponen yang ada di dalam komputer yang bertugas memproses data-data yang dikirimkan Input Device yang sudah kita bahas di atas.Cara kerjanya melakukan fungsi perhitungan angka matematika , logic persyaratan, menggunakan ALU ( Arithmatic Logic Unit  ) & fungsi kontrol dari CU ( Control Unit ).
  • Output Device adalah perangkat komputer yang kerjanya hanya menampilkan apa yang sudah diproses oleh Processing Device diatas, hasilnya nanti bisa berupa : gambar, cetakan, video, audio, sinyal dan lain sebagainya.
  • Storage Device adalah perangkat komputer yang bertugas menyimpan hasil olahan dari Processing Device yang nantinya apabila kita membutuhkannya lagi kita bisa olah lagi atau bisa kita langsung cetak.
Nah, setelah kita membahas IPO pada sebuah komputer kita lanjut ke artikel bagaimana cara kerja komputer dari awal hidup hingga bisa kita gunakan dan sampai kita matikan.

  • Ketika pertama kali kita menekan tombol power, maka yang pertama kali bekerja pada komponen motherboard komputer adalah BIOS, BIOS akan mengecek seluruh komponen motherboard dari seluruh instruksi logic  & checksum, jika semua dalam keadaan baik maka BIOS akan mengirimkan hasil laporanya ke processor dan akan diolah oleh processor.
  • Jika proses pengecekan BIOS berhasil maka processor / CPU akan membaca file loader OS yang ada di storage. File yang pertama kali akan dibaca antara lain : IO.sys ( untuk kontrol Input Output Device ), MSDOS.sys ( untuk kontrol hubungan hardware & software , kalau sudah masuk OS namanya      Kernel ), DRVSPACE.bin  ( Untuk Konfigurasi bagian & celah-celah kategori memory  baik secondary / primary storage ),  SMARTDRV.sys ( dignakan untuk chacing&shadowing ) , COMMAND.COM  ( Untuk kontrol masukan & keluaran ), jika proses salah satu file diatas ada yang rusak maka proses booting tidak akan berjalan, dan jika semua berhasil atau lolos maka CPU akan lancar dan memuat loading.
  • Jika semua proses booting diatas terpenuhi maka anda akan melihat logo OS dan anda tinggal tunggu hingga masuk dekstop dan komputer siap untuk digunakan.
Begitulah kira-kira cara kerja komputer yang selama ini kita gunakan sehari-hari.

Sekarang kita sudah sedikit mengerti bagaimana cara kerja komputer secara sederhana, semoga dilain waktu kita bisa bahas lagi cara kerja komputer secara detail dan pastinya bakal lebih panjang lagi artikelnya dari ini, semoga kita semakin penasaran dan semakin semangat untuk belajar mengetahuinya bersama sama.

Terimakasih atas kunjungan dan kepercayaan anda dan semoga dalam artikel yang sederhana ini kita dapat mafaat yang inspiratif, aplikatif, dan produktif dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Share This Article :
Silahkan Beri Kritik dan Saran Anda di Sini. .
Mohon Berkomentar dengan Bahasa Baik dan Mudah di Mengerti. . .

5467149841481851505